Halloween Costume ideas 2015

HARUAI-WIRANG.blogspot.com

OBJEK WISATA ALAM AIR TERJUN LANO DI KECAMATAN JARO, KABUPATEN TABALONG

OBJEK WISATA ALAM AIR TERJUN LANO DI KECAMATAN JARO, KABUPATEN TABALONG


Catatan Perjalanan ke Air Terjun Lano

air terjun lano

Tidak bisa dipungkiri bahwa alam selalu menawarkan keindahan yang selalu memanjakan mata para penikmatnya. Tak heran jika akhir-akhir ini objek wisata alam menjadi distinasi utama bagi para penikmat wisata alam. Keberadaan objek wisata, terutama wisata alam baik itu yang dekat dengan pemukiman maupun yang jauh sangat cepat tersebar melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WA, BBM dan lainnya.
Salah satu objek wisata alam yang sering di upload atau dibagikan di media sosial yaitu Objek Wisata Alam Air Terjun Lano yang ada di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Dengan cepatnya tersebar informasi tersebut, membuat para pengunjung tertarik dan penasaran untuk berkunjung atau melihat langsung bagaimana keindahannya.
Salah satunya saya dan rekan-rekan pengajar di SMKN 1 Haruai yang juga tertarik berkunjung ke Air Terjun Lano. Maka, pada hari Kamis, 12-1-2017, kami memutuskan berkunjung ke Objek Wisata Air Terjun Lano..hihihi kami berangkat dari Wirang menggunakan kendaraan bermotor berjumlah kurang lebih 20 orang.
  • Desa Lano
Lano, merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Jarak Desa Lano dengan kota Tanjung kurang lebih 60 km dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam (tergantung kecepatan). Desa Lano bisa dikatakan salah satu desa paling timur di Kabupaten Tabalong. Hal itu dikarenakan Desa Lano berada dekat dengan perbatasan antara Kalsel dengan Kaltim. Secara umum lanscap dari Kecamatan Jaro yaitu terdiri dari pengunungan, yaitu salah satu deretan Pengunungan Meratus dan juga lembah atau dataran rendah yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lahan persawahan. Namun, daerah pegunungan di Kecamatan Jaro lebih dominan sehingga tidak heran jika di Kec. Jaro banyak terdapat air terjun, salah satunya Air Terjun Lano.


  • Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Lano
air terjun lano

Rute perjalanan menuju Air Terjun Lano ini terbilang cukup mudah. Pertama, jika pengunjung yang berasal dari Kabupaten Tabalong atau secara umum dari seluruh Kalsel, akses utama untuk menuju Desa Lano cuma satu yaitu jalan Trans Kalsel-Kaltim menuju ke arah Kalimantan Timur karena Desa Lano berada dekat dengan perbatasan Kalsel-Kaltim. Sesampainya di Desa Lano, pengunjung bisa melihat sepanduk yang bertuliskan informasi mengenai keberadaan Air Terjun Lano (lihat gambar), nah di situlah kita harus meletakkan kendaraan.


air terjun lano

air terjun lano

Rute selanjutnya yaitu tracking, sesampainya di pintu gerbang yang bertuliskan Objek Wisata Air Terjun Lano kita harus berjalan kaki kurang lebih 800 meter untuk menuju lokasi air terjun utama. Walaupun berjalan kaki, akses menuju air terjun juga bisa dikatakan sangat mudah dan menyenangkan.
Sangat mudah dikarenakan jalan setapak menuju air terjun sudah dikelola dengan baik oleh warga setempat. Jalan setapak tersebut sudah diberi kerikil agar tidak licin. Selain itu juga untuk menuju lokasi air terjuan tidak begitu melelahkan, karena tidak ada tanjakan yang terlalu tinggi, kita hanya melewati tanjakan-tanjakan kecil dan sedikit menaiki bebetuan, anggap saja sedikit olahraga.hihihi Jika pun merasa kelelahan pengelola Objek Wisata Air Terjun Lano sudah menyediakan pos-pos peristirahatan (lihat gambar).

air terjun lano


Menyenangkan. Ya, perjalanan menuju lokasi air terjun sangat menyenangkan terutama bagi saya pribadi.hihihi Hal itu dikarenakan kita harus melewati beberapa anak sungai kecil dan menikmati pemandangan alam, hijaunya dedaunan, lebatnya hutan tropis, tumbuhan yang menjulang tinggi, vigetasi yang beraneka ragam dan aroma alam hutan hujan tropis yang khas. 
air terjun lano

air terjun lano

  • Indahnya Air Terjun Lano
Yang sering saya katakan yaitu, alam selalu menawarkan keindahan. Tiada tandingan untuk lukisan Sang Pencipta. Puji syukur kita diberi kesempatan menikmatinya.

air terjun lano


Tinggi Air Terjun Lano kurang lebih 10 meter. Air yang jernih terjun bebas dari ketinggian membelah bebatuan, menciptakan riak putih seperti susu, itu adalah ciri khas sebuah air terjun. Air terjun yang diapit oleh rimbunnya pepohonan menyebabkan udara di sekitar air terjun terasa lembab dan basah.
Air Terjun Lano ini sangat bagus untuk dijadikan objek untuk berfoto ria ataupun berselfie. Karena seperti yang sudah saya deskripsikan tadi, Air Terjun Lano ini termasuk air terjun yang ind
air terjun lano

air terjun lano
ah.

  • Fasilitas Umum Yang Ada di Sekitar Objek Wisata Air Terjun
Patut di acungi jempol bagi para pengelola Air Terjun Lano. Hal ini dikarenakan fasilitas umum yang disediakan cukup baik. Fasilitas umum pertama yaitu WC dan kamar mandi, ini merupakan fasilitas wajib yang ada suatu objek wisata terutama WC, keberadaan WC membuat para pengunjung tidak buang air kecil/besar sembarangan yang juga sekaligus menjaga kebersihan lingkungan. Kamar mandi yang ada di sini juga sangat baik, bisa membantu para pengunjung yang ingin mengganti pakaian yang basah setelah bermain air di sekitaran air terjun.
air terjun lano

Fasilas-fasilitas umum yang lain yaitu keberadaan jembatan-jembatan kecil untuk menyebrangi sungai dan tempat peristirahatan yang ada di jalan menuju air terjun juga sangat baik.
air terjun lano

Demikian catatan singkat saya mengenai kunjungan kami ke Air Terjun Lano..!!!!!


Baca juga :
Label:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by mammuth. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget